19 OCT 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 287 DILIHAT

7 Hal Tentang Gigi Susu yang Harus Tahu

Jangan anggap sepele gigi susu karena berperan penting untuk membantu perkembangan bicara si Kecil. Yuk, ketahui tentang gigi susu ini biar tahu bagaimana membantu si Kecil agar memiliki gigi sehat.

  1. Anak mempunyai 20 gigi susu
    Gigi susu biasanya mulai muncul antara usia 6 bulan hingga 1 atau 2 tahun, tergantung perkembangan anak. 2 gigi depan bawah (gigi seri tengah) biasanya muncul dulu, diikuti oleh dua gigi depan atas (gigi seri lateral), dan terakhir empat gigi geraham di bagian belakang mulut.

  2. Gigi susu itu sangat penting
    Gigi susu membantu anak mengunyah, berbicara, dan tersenyum, serta memberi ruang bagi gigi dewasa yang akan tumbuh nanti. Jika gigi susu tanggal terlalu dini dapat menyebabkan masalah pada gigi permanen yang tumbuh lurus atau perkembangan bicara.

  3. Gigi susu pasti tanggal
    Biasanya jika gigi susu tanggal, maka gigi permanen sudah tumbuh di bawahnya siap erupsi. Hanya dua gigi depan bawah yang tanggal pada usia sekitar 6 tahun. Setiap tahun setelahnya, kehilangan sekitar dua hingga empat gigi susu. Geraham susu tanggal antara 10 dan 13 tahun.

  4. Kunjungan ke dokter gigi pertama
    Kunjungan pertama ke dokter gigi sebaiknya bertepatan dengan erupsi gigi susu pertama atau paling lambat pada ulang tahun pertama anak.

  5. Masalah pada gigi susu
    Ketika gigi susunya tanggal atau gigi permanennya mulai tumbuh, si Kecil bisa mengalami sakit gusi, air liur meningkat, kehilangan nafsu makan, dan gangguan tidur.

  6. Hindari memberi susu saat akan tidur
    Saat bayi tertidur saat menyusu, suapan terakhir ASI (ASI & botol) tidak tertelan. Susu ini menggenang di sekitar gigi dan menyebabkan kerusakan.

  7. Ajari anak usia 2 tahun menggosok gigi

Di usia 2 tahun ke atas, ajarkan cara menyikat gigi dengan benar. Pilihkan sikat gigi warna-warni berkualitas bagus seperti Glister Kids Toothbrush.

  • Sikat gigi Glister Kids Toothbrush memiliki bulu lembut untuk merawat gigi dan gusi anak. Selain itu terbuat dari bahan BPA Free, PVC-Free dan Phtahalate-Free, sehingga aman untuk anak.
  • Padukan dengan Glister Kids Toothpaste, yaitu pasta gigi fluoride bebas gula dengan rasa strawberry. Glister Kids Toothpaste dengan formula REMINACTTM eksklusif membantu mencegah gigi berlubang, menguatkan serta melindungi gigi yang sedang berkembang.